×

Maluku

Taufiq | 23:37 | 0 comments

Maluku , Pulau yang penuh dengan kekayaan Alam Ini Berupa Rempah-Rempah dan Keindahan Alamnya yang sangat Memanjakan Mata Kita . Di Maluku Memiliki sejarah bahwa Maluku adalah yang Tertua Di Indonesia yang membuktikannya adalah catatan Tablet Tanah Liat yang ada di Persia dan Mesir . Maluku adalah Pulau yang sangat kaya Maluku adalah Penghasil Pala,Fuli ,Cengkeh dan Mutiara. Itu semua Bisa didapatkan Dinegeri Ambon,Pulau Lease dan Nusa Ina dan Mutiara yang dapat dijumpai di Kota Dobo Kepulauan Aru.



                Ini adalah Pulau Liran ini adalah Bukti betapa Indahnya Maluku itu. tiada penyesal berada Di Indonesia karena Indonesia juga Indah tak kalah dari yang lainnya.

                Ibukota Maluku Adalah Ambon atau biasa kita Sebut Ambon Manise, Ambon Memiliki beragam ciri khas salah satunya adalah cara berkomunikasi nya yang unik . Membuat turis asing tertarik untuk datang di Maluku.

              Bangsa Portugis Selaku penjajah pertama yang dia datangi adalah Pulau penghasil rempah-rempah terkaya Maluku.  Di pimpin oleh Anthony de abreu dan Francisco ferau karena kecerdesan yang ia miliki ia langsung melakukan ikatan persahabatan dengan rakyat Ternate. Tapi itu tidak lama karena Portugis Bermaksud melakukan Monopoli Perdagangan sekaligus Menyebarkan Agama Kristen.

           Setelah Itu, Datanglah Francis Xafier pada 14 Februari 1546 untuk menyebarkan agamnya, dengan kehadirannya itu membuat portugis dan ternate perang sampai mencapai 5 tahun dan berlanjut sampai perang dunia ke II dan pada saat itu, datanglah bangsa Spanyol Ke Tidore Pada Tahun 1521.


              Bagi Portugis Kedatangan Spanyol adalah pelanggaran atas Hak Monopolinya itu membuat persaingan antara Spanyol dan Portugis.  Pertentangan Mereka Juga sejalan dengan pertentangan Raja Tidore dengan Raja Ternate.
Sultan Tidore Memihak Pada Spanyol Sultan Ternate Berpihak pada Portugis. dan pada Puncaknya Spanyol Dan portugis menjalani Perundingan  di Saragosa SPANYOL. dan menghasilkan :
1.Spanyol Harus Meninggalkan Maluku dan Melakukan perdagangan Di Philipina
2.Portugis Tetap Melakukan Perdagangan Di KEP.Maluku.
Sesuai Perundingan Spanyol Segera Meninggalkan Maluku . Portugis Benar-Benar menjaga kekuasaannya di Maluku dengan Praktik Monopoli Perdagangan. 





             Tetapi Maluku Tidak Tinggal Diam Dengan segala penjajahan yang ada Dibawah pimpinan Thomas Matulessi (Kapitan Pattimura) Maluku melawan penjajahan dengan senjata apa adanya.Thomas Matulessy adalah bekas pasukan Inggris. tapi perjuangan itu gagal kekejaman Belanda pada saat itu memporak porandakkan para pejuang dan saat itu thomas Dihukum Mati.  
         Sampai Kedatangan Jepang yang Dengan sangat cepat Menguasai sebagian Wilayah Indonesia dan Jepang berhasil Mengusir para penjajah Belanda dari Indonesia.
Tapi sampai Kemerdekaan Indonesia Maluku dijadikan salah Satu Provinsi RI pada 1949 .

Quotes:
Jagalah Keindahan Alam wahai Penerus Bangsa, kalau bukan kita siapa lagi yang kan mau menjaganya walaupun harus bertumpahan darah dengan segenap jiwa raga kita mari bersama menjaga Indonesia Tetap Indah... 
MERDEKA..!!!





Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments