×

Papua

Taufiq | 20:56 | 0 comments




           Papua merupakan daerah yang penuh dengan sejarah Indonesia, Butuh waktu lama untuk merebut daerah ini..
Butuh waktu yang sangat lama dan perjuangan yang sangat keras untuk mengambil alih papua .
          Saat pendudukan belanda orang papua tidak mengerti tentang ekonomi bahkan mereka tidak memakai pakaian.
mereka tidak tahu sama sekali manfaat pasar karena belanda mengimpor semuanya sampai buah-buahan, sayur-sayuran dan bahkan batu arang.. 
           Setelah perang dunia ke II,Australia negara yang sempat menguasai Indonesia Timur kembali menyerahkan Indonesia bagian timur kepada Belanda pada 15 juli 1946. Memang Papua tidak terlibat sama sekali dengan peperangan yang terjadi Di Indonesia karena pada saat itu Papua belum termasuk bagian dari Indonesia.
           
         pada bulan juli 1956 gubernur Van Mook Mengadakan Konferensi dikota Malino Sulawesi Selatan yang membahas pembentukan Republik Indonesia Serikat.
Dalam perundingan tahun 1949 di Den Haag tercapailah kesepakatan tentang penyerahan kedaulatan secara resmi kepada Indonesia. Namun,Penyerahan Papua tertunda selama setahun itu membuat membuat Indonesia  sangat kecewa ditambah dengan Bangsa Membuat Tafsir bahwa perundingan di Ulang . Itu membuat Indonesia dengan Belanda Memanas.  Dari Dulu memang Belanda Tidak Ingin Papua jatuh ditangan Indonesia . Bangsa Belanda Ingin Memilikinya.

                 Pada Tahun 1946 semua wilayah Indonesia Sebagai negara federal yang bernaung Dibawah Uni Belanda.
Sebagai Alternatif Terakhir Belanda menjadikan Irian Barat lepas dari Indonesia. Dan menjadikan Papua sebagai sebuah Negara yang dikendalikan Oleh Belanda dengan membentuk berbagai partai Politik seperti :
1.Partai Papua Merdeka
2.Persatuan kristen-islam radja ampat 
3.Persatuan pemuda Pemudi Papua

              Tepat Pada Tahun 1962 Indonesia Telah Merdeka Dan Soekarno diangkat menjadi Presiden dan Soekarno langsung segera bertindak selayaknya Pemimpin yang sangat gagah ia Ingin Irian barat kembali ketangan Indonesia dengan menerbitkan Keppres No / 1962 yang menjadi dasar pembentukan Komando Mandala Pembebasan Irian Barat. dan akhirnya dengan mengirim pasukan Gabungan yang berjumlah 7000 Pasukan , 4500 orang pasukan angkatan laut dan 13000 pasukan Infantry .. dengan pasukan yang sangat banyak Belanda dipukul sangat keras di jantung pertahanan nya DiBiak . Dan pada akhirnya melalui keputusan PBB tahun 1962 irian barat jatuh ditangan Indonesia.
          
            Belanda dipaksa keluar dengan sebuah perjanjian yang berisi "Belanda harus angkat kaki dari Indonesia paling lambat Mei 1963 "
Sejak Tahun 1963 Belanda Benar-benar angkat kaki dari Irian Barat. Setelah itu Soekarno berpidato di Irian Barat . Disitu Soekarno Petama kali memperkenalkan Nyanyian "Dari Sabang Sampai Merauke"

          Kembalinya Irian barat ke Indonesia pada 1 Mei 1963  Maka pemeriantah Membentuk  Susunan Pemerintahan daerah Irian Barat . Dan akhirnya semua organisasi dan partai Politik Bentukan Belanda dibubarkan dan dilakukan Pelarangan Pemasangan Attribut dan lambang Negara papua dan juga lagu kebangsaan "Hai tanahku Papua".




Tapi Irian Barat tidak Otomatis Menjadi Bagian dari Indonesia karena New York Ingin Indonesia melakukan penentuan pendapat Rakyat Irian Barat . Apakah memilih menjadi bagian dari RI atau Merdeka..?
dan pada Akhirnya Irian barat Memilih Menjadi Bagian Dari Indonesia, Alasannya Karena Sejak Dulu Irian sudah menjadi Bagian dari Hindia Belanda.. 
Hindia belanda Nama Indonesia Terdahulu.








Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments